Beranda » outbound pacet » Apa Outbound Itu? Penjelasan Tentang Outbound

Apa Outbound Itu? Penjelasan Tentang Outbound

Mungkin diantara kalian nama outbound terdengar tidak asing tetapi apa sih sebenarnya outbound itu. Apa sih arti, tujuan dan manfaat dari outbound itu? Nah untuk mengetahuinya yuk disimak artikel berikut.

A. Pengertian Outbound

Secara singkat outbound bisa diartikan sebagai kegiatan yang umumnya dilakukan di alam terbuka. Outbound sendiri berbentuk sebuah permainan yang efektif yang mengandung pembelajaran dan materi tertentu.

Meski begitu outbound juga bisa dilakukan di dalam ruangan. Hal tersebut tergantung pada jenis permainan, tujuan, serta materi yang tersiat dalam outbound itu sendiri.

Outbound itu sendiri berasal dari kata Outward Bound atau Out of Boundaries. Dalam bidang kemaritiman atau kelautan istilah tersebut berarti “diluar batas”. Dalam istilah lainnya Outbound juga berarti Mancakrida.

Disisi lain outbound dapat didefinisikan sebagai seni dalam pembelajaran yang memiliki tiga unsur utama. Tiga unsur tersebut adalah Intelegensi, Mental, serta Fisik.

Baca Juga Paket Outbound Fun Outing Pacet Adventure

Baca Juga Tempat Outbound di Pacet Mojokerto

B. Sejarah Outbound

Sebenarnya outbound sendiri sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Namun metode outbound pertama kali ditemukan dan diperkenalkan oleh seseorang berkebangsaan jerman bernama Dr. Kurt Hann.

Metode yang secara formal ini ditemukan pada tahun 1941. Awalnya ide tentang metode outbound ini tercetus dari masalah yang dihadapi seorang pengusaha kapal niaga bernama Lawrence Holt.

Holt memiliki masalah pada kerja sama dan manajemen dari para awak kapalnya. Dia kemudian meminta Dr. Kurt Hann untuk mengatasi masalah tersebut.

Dr. Kurt Hann akhirnya mengembangkan suatu metode pelatihan manjemen yang sekarang kita kenal dengan nama Outbound. Beliau kemudian mendirikan sebuah sekolah bernama Outward Bound di Aberdovey, Wales.

Dalam pendirian sekolah tersebut, Dr. Kurt Hann mendapat sokongan dana dan bantuan dari Lawrence Holt. Sekolah tersebut didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama, mental, dan fisik para pelaut yang akan bersiap membela inggris pada perang dunia yang kedua.

Dalam sejarahnya metode outbound akhirnya masuk ke Indonesia pada tahun 1990. Hal tersebut ditandai dengan adanya Outward Bound Indonesia atau OBI. OBI sendiri diprakarsai oleh Djogo Kusumowidagdo.

C. Tujuan Outbound

Outbound memiliki berbagai tujuan tergantung pada kebutuhan tetapi secara umum tujuan outbound bisa diklasifikasikan sebagai berikut ;

1. Rekreasi

Tujuan yang paling umum dan utama dari outbound tentunya sebagai wahana rekreasi untuk menghilangkan kejenuhan.

2. Team Work

Team work atau kerjasama adalah tujuan umum dalam outbound untuk meningkatkan kerjama dalam sebuah tim.

3. Team Building

Hampir sama dengan team work team building bertujuan untuk meningkatkan kerjasama tim. Meski begitu team building lebih kompleks dengan menunjang aspek aspek seperti kesolidan dan kekompakan sebuah tim.

4. Komunikasi

Outbound juga bertujuan untuk meningkatkan komunikasi yang bermaksud untuk meningkatkan pemahaman sebuah individua atau kelompok dalam mendapatkan dan memberi informasi serta mengolahnya

5. Leadership

Leadership atau kepemimpinan seringkali dijadikan Tujuan utama dalam outbound karena sangat dibutuhkan dalam manajemen. Di dalam leadership sendiri terdapat tiga tingkatan mulai kemampuan untuk memimpin diri sendiri, memimpin kelompok, dan memimpin dalam bermasyarakat.

6. Strategy Planning

Selain leadership hal lainnya yang tentu dibutuhkan dalam manajemen adalah kemampuan dalam perencanaan atau strategy planning. Hal tersebut juga menjadi salah satu tujuan dalam outbound.

7. Analisis

Kemampuan lainnya dalam manajemen dan menjadi tujuan outbound adalah analisis. Kemampuan dalam menelaah suatu hal atau permasalahan ini sangat cocok bila ditingkatkan melalui aktivitas outbound.

8. Kreativitas

Outbound juga memiliki tujuan lain agar bisa menumbuhkan jiwa kreativitas. Sehingga diharapkan para pesertanya nanti bisa menciptakan sesuatu yang baru ataupun berinovasi dengan lebih baik.

9. Percaya Diri

Kepercayaan diri merupakan salah satu tujuan utama outbound. Tujuan ini bersifat individual dan dilakukan untuk mengasah mental peserta.

10. Konsentrasi

Terakhir adalah konsentrasi. Dalam outbound sendiri kemampuan untuk fokus pada satu hal atau permasalahan tertentu juga diasah sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja peserta.

D. Jenis Jenis Outbound

Jenis outbound dapat dibedakan menurut peserta dan permainannya. Menurut pesertanya ada outbound untuk anak-anak dan outbound untuk dewasa. Outbound anak berutujuan untuk meningkatkan mental anak yang mencakup kreativitas, kepercayaan diri, dan keberanian.

Sedangkan untuk outbound dewasa materinya lebih padat karena seringkali tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan mental tiap individu tetapi juga kerjasama dalam kelompok

Menurut Permaninannya outbound dibagi dua yaitu outbound untuk meningkatkan soft skill dan hard skill. Outbound soft skill bertujuan untuk mengasah mental dan pikiran. Permainan yang dilakukan dalam outbound ini pun tidak harus dilakukan di luar ruangan seperti scavenger dan human knot.

Untuk outbound hard skill dianjurkan untuk dilakukan di luar ruangan. Outbound ini sendiri lebih memforsir fisik karena bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis. Jenis jenis permainannya diantaranya flying fox, high rope, paint ball, ataupun rafting.

E. Manfaat Outbound

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dalam kegiatan outbound diantaranya sebagai sarana hiburan untuk menghilangkan kejenuhan. Selain itu outbound juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan fisik dan mental kita. Manfaat lainnya adalah peningkatan kinerja dan kerjasama dalam sebuah kelompok atau komunitas.

Nah itu tadi sekilas tentang outbound. Terimakasih untuk kalian yang sudah menyimak dan semoga bermanfaat. Kalau ada kritik saran jangan lupa juga buat ditulis di kolom komentar ya, Stay fun and keep your spirit for the next adventure, see yaa.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.