Beranda » rafting pacet » Mau Rafting Pacet? Ketahui Dulu 6 Grade Sungai Ini!

Mau Rafting Pacet? Ketahui Dulu 6 Grade Sungai Ini!

Rafting Pacet menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang suka dengan sesuatu yang memacu adrenalin. Kegiatan yang dikenal dengan nama arung jeram ini, dilakukan secara beregu dan mengarungi sungai yang mempunyai arus.

Tidak semua sungai bisa dijadikan tempat untuk arung jeram. Bahkan, ada beberapa tingkatan sungai yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan Anda.

1. Grade I (Easy)

Sungai dengan tingkatan ini mempunyai sifat dasar yaitu sedikit menurun dan sedikit riak sehingga hanya perlu untuk melakukan manuver dasar. Resiko jika melakukan arum jeram sangat rendah sehingga cocok untuk digunakan sebagai tempat arum jeram bagi pemula.

2. Grade II (Medium)

Tingkatan sungai grade medium setingkat lebih sukar dibandingkan grade 1. Di sungai dengan grade ini memiliki bebatuan yang tidak terlalu banyak sehingga jikapun diperlukan maneuver, tidak terlalu banyak. Namun, untuk mengarungi sungai ini tetap perlu ketrampilan mendasar dan juga selfrescue.

3. Grade III

Sungai dengan grade III punya spesifikasi jeram yang tidak beraturan. Sungainya memiliki lebar yang menyempit dan memungkinkan untuk membalikkan perahu, walaupun resiko perahu terbalik relative kecil.

Perlu pemantauan dan arahan ketika melakukan rafting Pacet. Ini disebabkan karena Anda akan menemui arus yang kuat dan deras sehingga skill seperti manuver dan selfrescue semakin diperlukan.

Baca juga : Outbound Pacet Ternyata Memiliki Manfaat Ini, Apa Saja Ya?

4. Grade IV

Di sungai dengan grade ini Anda akan semakin butuh skill untuk bermanuver saat menghindari bebatuan besar yang ada di sungai.

Sungai dengan grade ini mempunyai karakteristik jeram yang punya kemiringan ekstrem, panjang yang menyambung dan bebatuan besar sekitar jeram. Butuh kemampuan selfrescue yang mumpuni bahkan Anda harus meminta pertolongan jika diperlukan.

Karena hal tersebut, jika Anda hendak melakukan arum jeram di sungai dengan Grade IV maka Anda harus berlatih lebih dahulu. Mulai dari cara mendayung, pengetahuan mendasar mengenai sungai, pemandu yang terampil, peralatan yang memadahi hingga skill untuk menyelamatkan diri.

5. Grade V

Sungai dengan grade V mempunyai tingkat kesulitan tinggi. Ini disebabkan jeram liar yang menyambung dan bebatuan yang berdekatan ada di sungai ini. Bahkan ada tebing terjal, hole, penurunan tiba-tiba dan air terjun sehingga untuk mengarunginya butuh fisik dan skill yang mumpuni. Perlu pemandu handal dan selfrescue yang baik sebelum Anda mengarungi sungai grade V.

6. Grade VI

Sungai dengan grade ini punya resiko dan kesulitan paling tinggi. Sehingga hanya boleh untuk diarungi oleh profesional yang memang memiliki skill dan kemampuan yang tinggi. Ini disebabkan karena kecelakaan dapat terjadi kapan saja yang bisa menyebabkan kematian atau cidera serius.

Itulah 6 grade sungai yang harus Anda tahu sebelum melakukan rafting Pacet. Pilih jenis sungai yang sesuai dengan kemampuan Anda agar tidak menimbulkan cidera dan Anda bisa menikmatinya dengan maksimal.

Jadi, sudah yakin mau melakukan arung jeram di sungai grade mana kali ini?

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.