Beranda » camping pacet » 8 Rekomendasi Spot Pendakian di Mojokerto. Rencanakan Yuk Pendakianmu Sekarang

8 Rekomendasi Spot Pendakian di Mojokerto. Rencanakan Yuk Pendakianmu Sekarang

Salam para adventure sejati. Kali ini pacet adventure akan membahas tentang pendakian yang ada di Mojokerto. Sebenarnya ada gunung atau bukit apa aja sih yang bisa didaki disini? Nah untuk mengetahui semuanya mari kita simak artikel berikut ini.

Kawasan Mojokerto sendiri terbagi menjadi dua. Yakni kawasan perkotaan dan yang satunya adalah kawasan pedesaan dengan berbagai macam karakteristik.

Kabupaten Mojokerto sendiri merupakan kabupaten yang terdiri dari wilayah pedesaan. Sebagian besar dari wilayahnya terdiri dari kawasan pegunungan ataupun dataran tinggi.

Oleh karena itu banyak sekali spot spot pendakian yang ada di Mojokerto. Baik itu berupa gunung ataupun bukit. Untuk lebih detailnya yuk dibaca ulasan dibawah ini.

1. Gunung Welirang dan Arjuno

Yang pertama adalah gunung Welirang dan Arjuno. Gunung yang masing masing berketinggian 3.156 mdpl dan 3.339 mdpl ini berada di tiga wilayah. Yaitu kabupaten Pasuruan. Kabupaten Malang, dan Kabupaten Mojokerto.

Dua gunung tersebut merupakan puncak tertinggi dari pegunungan Arjuno-Welirang. Oleh karena itu dua gunung tersebut lebih terkenal sebagai gunung kembar.

Untuk menuju puncak welirang ataupun Arjuno bisa melewati beberapa jalur. Yang paling umum dan paling sering digunakan mungkin jalur Tretes yang terletak di kabupaten Pasuruan.

Selain itu ada jalur lain yang terletak di Pacet Mojokerto tepatnya di OWA R.A. Soerjo. Namun jalur ini adalah jalur lama dan kami sarankan untuk membawa guide jika ingin melewati jalur ini.

Nah jalur ketiga adalah jalur yang relatif baru. Tepatnya di daerah Cangar yang merupakan perbatasan antara Pacet Mojokerto dan Kota Batu malang.

Untuk jalur yang ketiga ini antara start pendakian dan pos perijinan berbeda tempat. Jadi kalau kalian Ingin melewati jalur ini harus mengurus perijinan dulu di kantor tahura R.A. Soerjo.

Tempatnya terletak di dekat pemandian air panas cangar. Setelah itu kalian bisa mulai start untuk mendaki di Desa Sumberbrantas.

Waktu yang ditempuh untuk mendaki gunung ini relatif hanya 3-4 hari. Tetapi jika kalian ingin mendaki kedua gunung tersebut mungkin akan memakan waktu 5 hingga 6 hari.

2. Gunung Anjasmoro

Nah gunung kedua yang merupakan salah satu spot pendakian di Mojokerto adalah Gunung Anjasmoro. Gunung ini sendiri merupakan pegunungan dengan puncak tertingginya Puncak Cemoro Sewu berketinggian 2.282 mdpl.

Sebenarnya selain puncak tertinngginya ada beberapa puncak lain yang bisa didaki seperti Puncak Gunung Biru dengan tinggi 2.215 mdpl. Setidaknya puncak di pegunungan ini ada kurang lebih 40.

Gunung Anjasmoro sendiri mencakup 3 wilayah yakni Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang. Oleh karena itu jalur ke Gunung Anjasmoro sendiri bisa melewati 3 wilayah tersebut.

Yang Paling umum dan sering digunakan yakni jalur Carangwulung yang terletak di Wonosalam, Jombang. Dengan jalur ini kalian bisa mendaki sampai ke puncak tertinggi yakni puncak Cemorosewu.

Selain itu ada jalur lain yakni jalur Pabrik Jamur. Jalur ini sendiri ada di Cangar, kota Batu Malang. Nah jalur ini nantinya akan menuju ke puncak Anjasmoro yang berketinggian 2.258 mdpl.

Yang terakhir ada jalur Nawangan yang terletak di Rejosari, Jatirejo kabupaten Mojokerto. Jalur ini nantinya akan menuju ke salah satu puncak dari Gunung Anjasmoro yakni puncak kukusan yang berketinggian 2.215 mdpl.

3. Gunung Penanggungan

Ketiga ada Gunung Penanggungan. Gunung yang sudah tidak aktif ini berlokasi di perbatasan antara Mojokerto dan Pasuruan

Gunung Penanggungan memiliki ketinggian sekitar 1653 mdpl. Puncak tertinggi dari gunung ini bernama puncak Pawitra yang berarti puncak kesucian.

Dari puncak Pawitra ini kalian bisa melihat panorama 3 gunung sekaligus. Di selatan ada gunung Arjuno-Welirang, di sebelah barat ada pegunungan Anjasmoro, dan gunung Bromo dan Semeru di timur.

Selain itu gunung Penanggungan ini juga terkenal dari sisi historisnya. Terbukti dengan adanya makam di puncak pawitra serta beberapa candi di lereng gunung ini.

Untuk menuju puncak Pawitra dari gunung Penanggungan ini, kalian bisa melewati 2 jalur yakni jalur Jolotundo dan Tamiajeng. Tapi meski begitu kami sarankan untuk memilih jalur Tamiajeng karena itu merupakan jalur yang resmi.

Untuk mendaki puncak lewat jalur Tamiajeng kalian harus membayar HTM dan mengisi data pada pos perijinan. Harga tiketnya sendiri adalah 13.000/orang sedangkan untuk biaya parkirnya sendiri 10.000/ motor.

Waktu perjalanan menuju puncak Pawitra ini antara 5-6 jam tergantung pada situasi dan kondisi pendaki. Waktu ini berlaku apabila bila kita start mulai jalur Tamiajeng.

Sebelum kalian menuju puncak kalian bisa mendirikan tenda di pos terakhir gunung ini yaitu puncak bayangan. Dari pos ini kalian sudah bisa melihat indahnya 3 pegunungan beserta sunrise ketika pagi.

Nah yang terakhir sekedar saran dan info aja. Kalau mendaki ke gunung penanggungan ini usahakan membawa logistik yang cukup terutama air karena tidak ada sumber atau mata air di sepanjang jalur menuju puncak Pawitra.

4. Gunung Pundak

Selanjutnya ada Gunung Pundak. Gunung pundak adalah sebuah Gunung di pegunungan Arjuno-Welirang. Gunung ini sendiri berada di ketinggian 1585 mdpl.

Disebut gunung pundak karena kalau dilihat istilahnya gunung ini mirip seperti pundak. Dengan kepalanya tentunya Gunung welirang.

Gunung ini sebenarnya sebuah bukit. Namun karena letaknya yang cukup tinggi sehingga masyarakat menyebutnya sebagai gunung Pundak.

Untuk menuju ke gunung pundak sendiri bisa melewati dua jalur. Yang pertama adalah jalur OWA Tahura R.A.Soejo dan yang kedua adalah jalur puthuk siwur.

Untuk jalur yang pertama yaitu jalur Tahura ada di kawasan wana wisata air panas. Pos perizinannya sendiri lebih terkenal dengan OWA atau objek wisata alam.

Selain menjadi start untuk mendaki ke gunung pundak, OWA juga menjadi tempat pelestarian berbagai jenis flora dan fauna.

Tak hanya itu OWA ini juga bisa menjadi campground atau tempat berkemah. Jika kalian mendaki lewat OWA ini akan dikenakan htm sebesar 13.000 dan juga biaya parkir motor sebesar 5.000 saja

Untuk yang kedua yaitu jalur Puthuk Siwur. Jalur ini sendiri terletak tidak jauh dari jalur pertama. Untuk lebih lengkapnya akan dibahas pada spot pendakian selanjutnya tentang Puthuk Siwur.

5. Puthuk Siwur

Nah seperti yang sudah mimin katakana sebelumnya. Di bagian ini akan dibahas tentang spot pendakian di dekat gunung Pundak yaitu Puthuk Siwur.

Puthuk Siwur adalah sebuah bukit yang letaknya dekat berada di samping gunung pundak. Bisa dibilang kalau hubungannya dengan gunung pundak seperti adek-kakak karena letaknya yang bersebelahan dan juga tingginya yang tidak terlalu berbeda jauh.

Tinggi dari puthuk siwur ini sendiri adalah 1429 mdpl. Disebut puthuk siwur karena bentuk dari puthuk atau bukit ini seperti gayung atau siwur dalam bahasa jawa.

Lanjut ke jalurnya. Untuk jalurnya sendiri bisa melewati dua jalur yakni jalur OWA Tahura R.A. Soerjo melewati gunung pundak atau jalur puthuk siwur sendiri.

Meski begitu kami sarankan untuk melewati jalur puthuk siwur sendiri. Karena akan jalur tersebut lebih cepat dan juga mudah.

Selain itu menurut pengalaman mimin sih, kalian akan lebih nyaman bila mulai dari puthuk siwur dulu terus ke gunung pundak daripada sebaliknya. Hal itu dikarenakan lokasi gunung pundak yang lebih tinggi dari puthuk siwur.

Di sepanjang jalur menuju puncak puthuk ada hal yang unik. Terdapat susunan bebatuan yang berbentuk seperti candi atau lebih terkenal dengan punden. Nah jika kalian ingin foto-foto disana jangan lupa untuk selalu menjaga kesopanan yaa.

Ketika malam pemandangan dari puthuk siwur pun sangat indah. Tentunya hal itu dari kelap kelip lampu dari wilayah kabupaten Mojokerto.

Satu fakta tentang bukit kakak-adek ini. Jadi si kakak yaitu gunung pundak lebih terkenal dengan view gunung welirang dan view sunrise nya yang indah dan damai karena sunrisenya sendiri yang tertutup oleh pepohonan.

Sedangkan si dedek lebih terkenal sama panorama Mojokerto. Ada juga view gunung penanggungan beserta sunrise nya yang menghangatkan.

Yang terakhir sebelum kita lanjut ke nomor berikutnya mimin akan menginfokan soal htm dan parkir di pos pendakian puthuk siwur. Untuk htm nya sendiri sebesar 10.000 aja sedangkan parkir motornya 5.000.

6. Bukit Krapyak

Satu lagi nih spot pendakian yang terletak masih di kawasan wisata Pacet. Namanya adalah Bukit Krapyak.

Bukit Krapyak adalah sebuah bukit yang terletak di desa Padusan Pacet. Dan tentunya letaknya deket banget sama Wana Wsata Air Panas Pacet.

Bukit ini tidak begitu tinggi kok, hanya sekitar 1.300 Mdpl. Selain itu pula jalurnya juga enak dan bagus karena hampir semuanya sudah berbentuk tangga dengan anak tangganya berjumlah ratusan.

Karena jalurnya yang mudah bukit ini cocok buat para pendaki pemula. Tidak hanya itu di puncak bukit krapyaknya sendiri juga terdapat campground sehingga cocok buat camping ceria Bersama keluarga dan teman.

Meski begitu Bukit Krapyak sendiri sebelumnya lebih terkenal dengan tempat suci. Hal itu dikarenakan adanya makam Sunan Pangkat yang sering didatangi para peziarah.

Lama kelamaan makam itu direnovasi dan dibangunkan musholla serta toilet beserta jalan dengan tangga yang bagus.

Melihat peluang tersebut akhirnya para pemuda desa padusan yang tergabung dalam organisasi pecinta alam APPALA bergerak membangun sebuah campground yang panorama yang indah.

Harga tiket masuknya sendiri di bukit krapyak ini 10.000 sedangkan biaya parkir motornya 5.000 rupiah saja.

Dengan HTM itu kalian sudah bisa ngecamp di bukit krapyak. Jika ingin mengadakan acara di Bukit Krapyak seperti anniversary atau yang lainnya bisa banget langsung saja menghubungi kami ataupun pihak pengelola yaitu APPALA.

Nah satu lagi nih jika kalian gak pengen camping nya ribet boleh banget menghubungi pacetadventure. Kami juga menyediakan keperluan untuk camping seperti tenda, matras, dan lain-lain.

7. Bukit Watu Jengger

Yang ketujuh ada bukit Watu jengger nih. Bukit ini sebenarnya masih bagian dari pegunungan Anjasmoro yang sudah kita bahas sebelumnya.

Watu Jengger sendiri masih baru dibuka sebagai spot atau tempat wisata pendakian. Oleh karena itu suasana dan alamnya masih asri dan alami banget.

Bukit ini sendiri berketinggian 1.100 mdpl. Tidak terlalu tinggi dan cocok buat pendaki pemula ataupun keluarga yang suka berpetualang.

Letak dari Bukit Watu Jengger sendiri berada di dusun Nawangan, Tawangrejo, Jatirejo Mojokerto. Oleh karena itu jalur menuju watu jengger ini lebih terkenal dengan jalur nawangan.

Tak hanya Watu Jengger, melalui jalur nawangan ini kalian juga bisa mendaki salah satu puncak yang berada di pegunungan Anjasmoro yakni Puncak Kukusan yang berketingian 2215 mdpl.

Untuk harga tiket masuknya sendiri sebesar 10. 000 dan biaya parkirnya juga sama seperti spot wisata pendakian sebelumnya yakni 5.000 rupiah saja.

Nah sekedar info buat kalian yang pengen kesini. Terlebih dahulu cek kebutuhan logistik  dan terutama kondisi motor. Hal tersebut karena jalan dari desa Tawangrejo menuju dusun Nawangan yang merupakan start pendakian adalah jalan berbatu.

8. Bukit Semar Gondang

Yang terakhir ada spot wisata pendakian di Mojokerto yang lagi hits di tahun 2019. Namanya adalah Bukit Semar.

Bukit Semar ini masih satu kluster dengan bukit Watu Jengger. Bukit Semar juga masih merupakan bagian dari Pegunungan Anjasmoro dengan ketinggian 933 mdpl.

Dari puncak Bukit Semar ini kita bisa melihat deretan pegunungan Anjasmoro lengkap beserta puncaknya. Selain itu jika kita melihat e arah utara maka kalian akan melihat panorama Mojokerto juga.

Bukit Semar ini sendiri terletak di desa Dilem, Gondang Mojokerto. Lokasinya berada tak jauh dari Kawasan Wisata Pacet. Harga tiketnya sendiri adalah 5.000 rupiah saja sama dengan biaya parkirnya juga 5.000.

Itu tadi tentang Spot Pendakian atau Wisata Pendakian yang ada di Mojokerto, bagaimana teman adventures  gunung mana saja yang sudah kalian datangi?

Dan Jangan sampai pula kegiatan alam kalian menjadi ribet dengan alat alatnya. Untuk persewaan alat alat outdoor silahkan menghubungi kami via hotline telepon ataupun whatsapp di 082217037736.

Jika ada kritik dan saran sangat boleh buat ditulis di kolom komentar yang ada di bawah. Follow juga official sosial media dari pacetadventure dengan instgram: @pacetadventure_ , fanspage: Pacet Adventure.

Selalu nantikan artikel selanjutnya dari pacetadventure. Salam Adventure.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

1 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.