Beranda » wisata trawas » HTM Free, Taman Ghanjaran Trawas Destinasi Wisata Terbaru Yang Lagi Hits di Mojokerto

HTM Free, Taman Ghanjaran Trawas Destinasi Wisata Terbaru Yang Lagi Hits di Mojokerto

Hai apa kabar sobat adventure? Baik baik saja bukan? Kali ini mimin ingin membahas tentang salah satu wisata favorit yang ada di Mojokerto, yakni Taman Ghanjaran Trawas.

Bicara soal taman yang ada di Mojokerto mungkin akan lebih identik dengan alun alun Mojokerto. Tempat wisata ini berada di kawasan Mojokerto Kota.

Namun asal kalian tahu ternyata Mojokerto memiliki taman taman yang lagi hits. salah satunya ya Taman Ghanjaran ini yang jadi hits nya kabupaten Mojokerto.

Taman ini bisa menjadi alternatif berwisata. Terutama bagi kalian yang ingin menikmati suasana pegunungan dengan perpaduan fasilitas yang bisa dibilang cukup modern.

Ditambah lagi dengan desain dari taman ini yang cantik membuatnya sedap dipandang. Orang orang pun lebih mengenal taman ini dengan Alun-alun Trawas.

Lokasi

Nah Taman Ganjaran Trawas ini berada di lokasi yang sangat strategis. Tempatnya pas di pusat kecamatan Trawas dan berada di pinggir jalan raya.

Jadi kalau kalian main kesini kayaknya gak bakalan nyasar karena kelihatan banget dari Jalan Raya. Apalagi dengan ikonnya yang khas di area Mojokerto berupa bianglala dan juga air mancur yang khas.

Untuk alamat resminya menurut info yang dihimpun dari Google Maps berada di Jl. Raya Trawas-Tretes No. 88. Tepatnya di desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Mojokerto.

Jika kalian sering main ke Trawas tentunya gak bakalan asing dengan air terjun Dlundung bukan. Nah tempatnya Taman Ganjaran ini gak jauh dari air terjun Dlundung.

 

Harga Tiket Taman Ghanjaran

Di taman Ghanjaran ini ada satu hal yang paling perlu kalian tahu loh. Hal tersebut adalah tentang harga tiket di wisata Taman Ghanjaran ini.

Tidak ada yang namanya tiket di wisata Taman Ghanjaran ini alias gratis. Jadi jangan percaya jika ada kalian dipungut biaya untuk memasuki wisata yang satu ini.

Disini kalian hanya diharuskan membayar parkir. Untuk motor biaya parkirnya hanya 2000 rupiah saja sedangkan untuk mobil 5000 rupiah.

Namun untuk wahana wahananya tetap harus membayar ya. Tenang aja wahana yang ada disini masih terjangkau kok.

Terdapat pula berbagai jenis kuliner dan camilan yang memanjakan lidah. Tentunya dengan harga yang bersahabat di dikantong.

 

Asal Muasal Taman Ganjaran

Sekarang kita lanjut ke sejarah atau asal mula dari Taman Ganjaran ini. Taman ini baru diresmikan sekitar akhir tahun 2018 lalu.

Jika ditelisik dari segi terminologi Taman Ganjaran Memiliki arti taman kebaikan. Hal ini berasal dari kata ganjaran atau ganjar yang berarti balasan atas suatu kebaikan.

Dalam adat jawa khususnya di wilayah Mojokerto ganjaran adalah suatu tradisi. Disini yang dimaksud tradisi adalah tentang pemberian tanah ganjaran.

Tanah ganjaran ini adalah sebuah lahan yang biasanya berbentuk sawah atau kebun yang bisa digarap. Lahan ini diperuntukkan untuk pejabat desa terutama kepala desa dan sekretaris desa.

Di era yang modern seperti sekarang tradisi ini juga ikut berkembang. Tanah ganjaran yang dulu digarap oleh pejabat desa sekarang beralih fungsi demi tujuan untuk memakmurkan masyarakat.

Nah, di Desa Ketapanrame ini tanah ganjaran berubah menjadi objek wisata berupa taman yang difungsikan sebagai ruang terbuka hijau. Jadi taman ini dinamai Taman Ganjaran dikarenakan lahan yang dulunya berupa tanah ganjaran.

Spot Foto

 

Di taman ini yang lagi hits salah satunya adalah spot foto. Banyak spot foto disini yang instgramable banget di kalangan generasi milenial.

Salah satunya adalah spot foto air mancur dengn latar belakang tulisan Taman Ghanjaran. Spot foto yang satu ini juga menjadi ikon dari wana wisata Taman Ghanjaran ini.

Selain itu latar belakang dari Taman ghanjaran ini begitu indah. Dihiasi oleh latar pegunungan membuat semua tempat disini sangat pas buat dipakai untuk kegiatan hunting.

Hadirnya view gunung Welirang di sebelah selatan manambah indahnya taman ini. Selaiin itu ada juga view gunung Penanggungan di sebelah utara.

Waktu terbaik untuk mengambil foto sembari menikmati suasana di Taman Ghanjaran ini adalah pada saat pagi dan sore hari. Disaat itu view gunung gunung akan mencapai puncak keindahannya.

Meski begitu saat malam hari taman ini tetap cantik kok. Hal itu tentunya karena susunan lampunya yang berwarna warni dan berkelap kelip indah.

Tak hanya itu, desain dari kursi dan lampunya yang klasik menambah keindahan taman ini. Lantainya pun terbuat dari susunan batu coral yang menambah kesan elegan saat dijadikan tempat hunting foto.

Yang tak kalah menarik untuk dijadikan objek foto adalah berbagai jenis wahananya. Semuanya berpadu cantik dengn konsep tanaman dan bunga bunga yang ada disini.

 

Wisata Keluarga Milenial

Selain sedang naik naiknya sebagai salah satu tempat berburu foto-foto yang kece dan instagramable wisata Taman Ganjaran ini juga pas banget buat dijadikan tempat berlibur keluarga.

Hal itu tentunya dikarenakan berbagai wahana dan fasilitas disini yang menunjang dan modern banget. Sehingga keluarga terutama buah hati kalian akan betah buat berlama lama disini.

Dengan luas Taman yang mencapai 2,8 hektar membuatnya memiliki banyak wahana. Mulai untuk anak-anak sampai wahana keluarga yang pas buat rame-rame.

Disini juga terdapat fasiliitas umum yang lengkap seperti halnya musholla dan juga toilet. Bahkan nantinya juga akan dibangun kolam renang dan waterpark sebagai tambahan wahana dan fasilitas yang ada disini.

Nah untuk Taman Ghanjaran Trawas ini sebenarnya buka 24 jam loh. Namun jam buka bagi wahana wahananya saja yang berbeda. Rata-rata sih mulai pagi sampai sore hari. Ada pula yang sampai agak malam.

 

Wahana

Nah wisata yang pas bagi keluarga dan bua liburan generasi milenial tentunya memiliki beragam wahana. Nah wahana apa saja sih yang ada disini? Nih pacetadventure punya daftarnya buat kalian :

a. Menunggang Kuda
Wahana pertama yang ada disini adalah menunggang kuda. Mengitari Taman Ghanjaran dengan berkuda akan menjadi kegiatan yang menyenangkan baik bagi anak-anak maupun orang dewasa sekalipun

Wahana ini aman kok karena kalian akan dipandu oleh pawangnya, Dan yang tak kalah penting jangan lupa untuk mengabadikan moment saat berkuda untuk nantinya diposting di media sosial kalian.

b. Mobil Mini
Nah jika kalian takut atau terlalu mainstream dengan kegiatan kuda kalian bisa mencoba wahana yang kedua yaitu mobil mini.

Keuntungannya disini kalian disini bisa mengelingingi taman bareng bareng sama keluarga atau teman. Jika kalian lagi males atau gak bisa nyetir disini sudah lengkap sama supirnya kok.

c. Motor Mini
Nah wahana yang satu ini dikhususkan bagi anak anak. Disini terdapat banyak sekali jenis motor mini yang bisa disewa per jamnya.

Motor motor ini aman dan ramah lingkungan karena berbahan bakar listrik dan memiliki baterai sebagai sumber daya. Tapi tetap saja selalu awasi dan juga damping buah hati kalian saat disini.

d. Odong-odong & Kuda Kudaan
Selain motor mini disini juga ada wahana permainan klasik bagi anak anak terutama bagi balita. Wahananya adalah odong-odong dan juga kuda kudaan.

e. Perahu Naga
Wahana yang satu ini lumayan ekstrim dan lebih diperuntukkan bagi dewasa dan juga anak anak muda. Meski begitu masih tetap aman kok buat keluarga.

f. Bianglala
Yang terakhir ada wahana klasik yang jadi idola sekaligus menjadi salah satu ikon dari taman Ganjaran ini. Wahana tersebut pastinya adalah Bianglala.

Dengan bianglala ini kalian bisa menikmati indahnya panorama Taman Ganjaran beserta pegunungungan di sekitarnya dari atas ketinggian. Apalagi saat malam hari, kalian bisa banget melihat gemerlap lampu yang cantik.

Kuliner

Nah selain terkenal akan wahananya Taman Ghanjaran ini juga memiliki foodcourt dengan jajaran kuliner yang lezat. Berbagai jenis makalan dan camilan tersedia disini.

Apalagi wisata ini berada di ketinggian 900-1000 meter diatas permukaan laut. Pastinya hawanya akan semakin dingin dan membuat anda lebih lapar dan bernafsu untuk nyemil.

Lebih dari puluhan stan siap untuk memanjakan lidah anda. Mulai dari berbagai makanan nusantara seperti halnya soto ataupun rawon sampai berbagai jenis jajanan tradisional.

Tak lupa juga jajanan modern yang lagi hits di kalangan anak milenial seperti ketan durian ataupun juga sosis bakar dan burger. Ditunjang oleh berbagai jenis minuman khas anak muda seperti es durian dan juga moctail.

Harga yang ditwarkan pun gak terlalu mahal dan pas banget di kantong. Mulai dai harga 5000 rupiah saja kalian sudah bisa menikmati berbagai kuliner yang ada di Taman Ghanjaran ini.

Nah itu tadi info seputaar Taman Ganjaran Trawas. Salah satu wisata yang lagi hits di daerah Mojokerto.
Selalu nantikan artikel selanjutnya dari pacetadventure. Jangan lupa juga untuk meninggalkan kritik dan saran kalian di kolom komentar di bawah.

Untuk informasi dan reservasi seputar outbound, rafting, paintball beerta akomodasi villa bisa benget tanya sama admin pacetadventure disini.

Follow juga official Instagram kami @pacetadventure_ dan official fanspage kmi Pacet Outdoor Adventure. Salam Adventure Sejati.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.