0
Your Cart
No products in the cart.
pasar keramat pacet suasana keceriaan

Pasar Keramat Pacet Keunikan dan Fakta Menarik Lainnya

Pasar Keramat Pacet itu bukan pasar biasa. Akan tetapi surga bagi para pecinta kuliner yang ingin makan enak, murah, dan banyak. Pasar ini berada di Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, sekitar 50 km dari Kota Surabaya.

Foto diambil dari instagram @pasar_keramat

Pasar ini memiliki banyak makanan khas yang membuat lidah bergoyang, mata berbinar, dan perut membuncit. Untuk itu, di bawah ini adalah keunikan wisata kuliner Pasar Keramat Pacet yang wajib kamu coba rasakan rasanya, berikut daftarnya:

Pasar Keramat Pacet Nuansa Kuliner Jaman Dulu

Pasar Keramat Pacet merupakan destinasi wisata kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini mengusung konsep klasik ala kerajaan jaman dahulu. Mulai dari lapak jualan, pakaian, dan peralatan memasaknya masih tradisional.

Suasana era kerajaan sangat kental dari pasar wisata ini. Berlokasi dalam kebun bambu sehingga kita akan terbawa bagaimana aktifitas pasar jaman dahulu. Sangat menarikkan sebagai pengalaman baru berwisata.

Alat Tukar Pembayaran Terbuat Dari Potongan Bambu

Keunikan Lainnya dari Pasar Keramat Pacet ini adalah penggunaan alat pembayaran yang terbuat dari potongan bambu . Cara kerjanya, pengunjung menukarkan uang dengan koin bambu yang kemudian digunakan sebagai alat pembayaran makanan atau minuman disana.

Nah udah kebayang belum gimana menariknya pengalaman belanja pada zaman dulu? Jadi yuk jadwalkan untuk mengunjungi tempat ini.

Pasar Keramat Pacet Hanya Menjual Menu Khas Daerah

Pasar Keramat Pacet ini sangat cocok buat anda para orang tua yang ingin memberikan edukasi pengenalan makanan khas zaman dahulu. Dimana untuk era modern ini kita sudah mulai asing dengan makanan dan minuman khas daerah. Jangan sampai nanti di klaim negara lain kita baru tahu bahwa kuliner ini berasal dari tempat kita sendiri hehe.

Selain itu keunikan lainnya adalah kuliner ini sangat ramah lingkungan. Dimana ditempat lain menggunakan piring dan gelas bahkan terbuat dari bahan plastik. Disini para pedagang menggunakan piring dari anyaman bambu dan bungkus makanan dari daun pisang.

Nah disini anda akan banyak menemukan makanan dan minuman khasnya. Coba dan rasakan bagaimana sensasinya. Berikut daftar menu yang terdapat disana:

Sate Ayam Madura

Sate ayam Madura itu makanan legendaris Indonesia, yang dibuat dari daging ayam dipotong kecil-kecil, ditusuk dengan tusukan bambu, dan dibakar di atas arang. Kemudian disajikan dengan bumbu kacang yang gurih, kecap manis, dan sambal.

Sate ayam Madura di Pasar Keramat Pacet itu juara. Rasanya itu empuk, meresap, dan wangi. Kalian bisa mendapatkan makanan ini dengan harga mulai dari Rp 10.000 per porsi. Murah banget kan? Apalagi kalau kamu makan sambil ditemani pasangan, pastinya lebih nikmat.

Nasi Goreng Jancuk

Nasi goreng jancuk ini makanan, cocok buat kamu yang suka tantangan. Makanan ini terbuat dari nasi putih yang digoreng dengan minyak, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, telur, ayam, dan sayuran. Menariknya, makanan ini dibuat dengan sentuhan tangan dan bumbu khas dari daerah tersebut.

Nasi goreng ini disajikan dengan kerupuk, acar, dan sambal terasi. Nama jancuk itu identik dengan sumpah atau makian, karena nasi goreng ini sangat pedas, maka dari itu diberi nama nasi goreng jancuk. Yang dapat membuat lidah terbakar, mulut kamu mengeluarkan asap, dan mata kamu berkaca-kaca.

Kalian bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 15.000 per porsi. Tapi hati-hati ya, jangan sampai kamu ngomong jancuk di depan orang tua atau guru, nanti kamu kena marah.

Es Dawet Ireng

Es dawet ireng itu minuman yang segar dan sehat. Minuman ini terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan pewarna hitam, kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. Bulatan-bulatan ini kemudian direbus hingga matang, dan disajikan dengan santan, gula merah, dan es batu. Rasa dari minuman ini adalah manis, gurih, dan lembut.

Warnanya hitam karena pakai arang bambu yang katanya bisa bersihin racun dalam tubuh. Kamu bisa nemuin es dawet ireng di gerobak-gerobak yang berkeliling di pasar, dengan harga mulai dari Rp 5.000 per gelas. Tapi jangan khawatir, warna hitamnya nggak bikin gigi kamu item kok, malah bikin gigi kamu kinclong.

Lontong Balap

Lontong balap itu makanan sarapan yang enak dan mengenyangkan. Makanan khas Surabaya ini terbuat dari lontong yang dipotong-potong, ditambah dengan tauge, lentho, soun, dan sambal petis. Kemudian disajikan dengan kuah kaldu yang hangat dan gurih.

Lontong balap dinamakan demikian karena katanya dulu dijual oleh pedagang yang berlomba-lomba menjajakan dagangannya di sepanjang rel kereta api. Lontong balap ini rasanya sederhana tapi nikmat, dan bisa bikin perut kamu kenyang sampai siang.

Kamu bisa nemuin lontong balap di warung-warung yang buka sejak pagi hari, dengan harga mulai dari Rp 10.000 per porsi. Tapi jangan lupa, makan lontong balap jangan terlalu balap-balap, nanti kamu keburu kenyang sebelum habis.

Pisang Goreng Pasir

Pisang goreng pasir itu jajanan yang renyah dan manis. Dengan bahan utamanya pisang raja yang dipotong-potong, dilapisi dengan tepung terigu, dan digoreng hingga kering dan renyah. Makanan ringan ini disajikan dengan taburan gula pasir yang membuat rasa manis dan gurih.

Pisang goreng pasir ini memiliki keunikan dengan makanan ringan lainnya. Teksturnya renyah, dan rasanya gurih. Kalian bisa mendapatkannya di kios-kios yang tersebar di Pasar Keramat. Dengan harga mulai dari Rp 5.000 per bungkus kalian sudah bisa menikmati sensasi gurihnya makanan tersebut.

Lokasi Pasar Keramat Pacet Berada di Kebun Bambu

Suasana damai sejuk adalah keunikan lain dari Pasar Keramat Pacet ini. Dimana jarang ada tempat yang menyuguhkan kebun bambu sebagai venue utama kulinernya. Bagaimana apakah anda sudah terbayang bagaimana rindangnya pohon bambu berpadu dengan enaknya menu khas daerah?

Tidak hanya itu saja, selain bisa berburu jajanan khas Anda bisa juga bermain permainan tradisional yang terbuat dari bambu. Seperti bermain egrang yang merupakan permainan kelincahan, sangat cocok untuk melatih kesehatan motorik anak.

Pasar Keramat Pacet Pagelaran Seni dan Budaya

Pengalaman menarik yang dapat anda temukan adalah adanya pagelaran seni dan budaya. Disetiap buka pengelola selalu mengadakan pagelaran berupa tarian diiringi musik tradisional. Kemeriahan acara sangat terasa saat pertujukan digelar.

Tidak hanya itu saja, pihak pengelola pun mengadakan kegiatan seni budaya lainnya. Seperti seni pencak silat Bantengan yang merupakan kebudayaan khas Pacet Mojokerto. Nah, kapan lagi kita bisa mengenal dan belajar sambil kulineran kalau tidak di Pasar Keramat Pacet ini.

Alasan Kenapa Harus Mengunjungi Pasar Keramat Pacet

Pasar Keramat Pacet ini juga punya konsep yang unik. Nama pasarnya aja udah bikin penasaran. Pasar Keramat. Apa sih artinya? Apa karena pasarnya ada di dusun Kramatjetak, yang artinya “semoga bermanfaat dan mendapat rahmat dari Tuhan yang maha pengasih”? Atau karena pasarnya pake sistem bayar pake koin gobok, yang katanya koin jaman Majapahit.

Yang jelas, pasarnya bikin kita merasakan suasana jaman dulu. Jadi, kalo mau belanja di sana, jangan lupa bawa koin gobok. Kalo gak punya, bisa tuker di loket. Kalo bawa uang kertas, bisa dipake buat sapu-sapu aja.

Pasar Keramat Pacet ini juga surga buat pecinta kuliner tradisional. Ada banyak banget jajanan yang jarang kita temuin di tempat lain. Ada lupis, cenil, gatot, tiwul, dawet, horok-horok, sampe jamu kunyit asam. Semua jajanan ini disajikan pake peralatan tradisional.

Ada yang pake daun pisang, daun mangkokan, anyaman bambu, kendi, anglo, gelas kayu, dan gelas alumunium. Jadi, selain rasanya enak, penampilannya juga cantik. Bikin kita pengen nyobain semuanya. Tapi inget, jangan rakus. Nanti malah kekenyangan dan gak bisa jalan.

Pasar Keramat Pacet ini juga tempat yang asyik buat nonton pertunjukan budaya. Ada banyak banget atraksi yang menarik dan menghibur. Ada wayang kulit, reog, ludruk, kuda lumping, sampe tari-tarian tradisional.

Semua pertunjukan ini bisa kita nikmatin sambil santai di bale-bale bambu yang ada di sekitar pasar. Kalo mau, kita juga bisa ikutan joget atau nyanyi bareng. Asal jangan ganggu yang lain aja, ya. Kalo gak, nanti malah diusir sama yang lain. Atau malah dianggap gila.

Akhir Kata

Nah, itu dia lima keunikan wisata kuliner Pasar Keramat Pacet beserta alasannya kenapa kamu harus main ke sini. Selain itu, kamu juga bisa nikmatin suasini pasar yang rame, bersih, dan nyaman. Pasar Keramat Pacet buka setiap hari, mulai dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam. Jadi, tunggu apalagi? Buruan ajak keluarga dan temen-temen kamu buat wisata kuliner di Pasar Keramat Pacet. 

Dan buat anda yang menginginkan liburan tidak hanya sekedar liburan biasa. Banyak pilihan wisata menarik seperti rafting, camping di pacet maupun trawas yang mengasah adrenalin. Hubungi kami segera dan rasakan sensasi petualangan bersama kami.

Add a Comment

Your email address will not be published.

United Kingdom
Travel to

United Kingdom

Quick booking process

Talk to an expert